Stay OS ROM Banner

Resensi Buku Raditya DIka : Marmut Merah Jambu



RESENSI BUKU: MARMUT MERAH JAMBU

IDENTITAS BUKU:
               Judul                                   : Marmut Merah Jambu
               Pengarang                          : Raditya Dika
               Penerbit                              : Bukuné
               Tahun Terbit                      : Mei, 2010

TINJAUAN BUKU:
               Buku Marmut Merah Jambu berkisah tentang kisah percintaan Raditya Dika dan teman-temannya sewaktu masih SMP. Kisah dalam buku ini memang bertemakan cinta, namun seperti di buku-buku Dika yang sebelumnya, kisah dalam buku ini cenderung mengisahkan kisah cinta dia dan teman-temannya yang absurd dan penuh dengan awkward moment. Gaya bahasanya pun masih konyol, tidak jauh berbeda dengan buku-bukunya yang lain.
               Di awal cerita, Dika menceritakan kisah teman sekelasnya yang bernama Aldi yang secara diam-diam memendam rasa dengan Widya, cewek dari kelas sebelah. Aldi ini digambarkan memiliki wajah yang lumayan ganteng, pembawaannya bagus namun dia pemalu dan sering salah tingkah ketika berpapasan dengan Widya.  Dan benar saja, jangankan mendapatkan cinta Widya, untuk mengungkapkan rasanya saja selalu gagal hingga dia lulus SMP. Bukan karena ditolak, namun karena ketidakberaniannya untuk menyatakannya.
               Hal ini juga dialami oleh Dika. Dia sempat memiliki rasa dengan Indira. Sempat suatu ketika Dika mencoba menelpon Indira namun suara Dika yang cenderung menyerupai suara perempuan hingga dikira Mbak-mbak oleh Indira.
               Kemudian ada cerita tentang Dika yang pada saat masih SMP pernah membuat grup bernamakan “empat sekawan”. Grup ini awalnya dibentuk atas dasar ketertarikannya dengan dunia detektif. Sehingga dia “menghasut” teman sepermainannya untuk bergabung membentuk grup detektif.

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN:
Kelebihan :
Buku ini penuh dengan kisah lucu dan awkward dan dikemas dengan gaya bahasa yang cenderung slengean namun rapi. Rapi di sini maksudnya adalah alurnya yang tidak membuat bingung pembaca dan penggambaran terhadap sesuatu, baik itu karakter  maupun situasi yang sangat mudah dipahami dan diimajinasikan.

Kelemahan :
Ketika menggambarkan sesuatu, sering disampaikan dengan kalimat yang cenderung kasar. Namun tidak terlalu mengurangi nilai dari kelucuan ceritanya.

NILAI BUKU:





Previous
Next Post »

blog DOFOLLOW. SIlakan berikan komentar tapi JANGAN SPAMMING !! ConversionConversion EmoticonEmoticon